Riset Snapcart Ungkap Kecepatan Jadi Kunci Pilihan Jasa Pengiriman di E-commerce

Hasil Temuan Riset Snapcart.
Sumber :
  • Istimewa

JakartaKecepatan dan ketepatan waktu pengiriman pesanan produk jadi hal penting bagi konsumen dalam urusan belanja online. Faktor itu pun mempengaruhi tingkat penilaian dan ulasan pelanggan di lapak para pelaku bisnis di e-commerce. 

Di tengah persaingan yang sengit, platform e-commerce terus berinovasi dan bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa kirim. Tujuannya untuk terus meningkatkan layanan pengiriman barang bagi para penjual maupun pembeli.

Manager Riset Snapcart, Anggia menjelaskan untuk memahami ketepatan dan kecepatan pengiriman mempengaruhi kepuasan konsumen, pihaknya meneliti Shopee Indonesia. Kata dia, Shopee sejak awal 2024 telah menghadirkan program khusus bernama Garansi Tepat Waktu (GTW). 

Dengan program itu, juga memberikan jaminan waktu pengiriman pesanan sampai ke pembeli. Apabila pesanan datang terlambat atau melebihi waktu "Garansi Tiba," Shopee akan memberikan voucher sebagai kompensasi. 

Lantas, bagaimana dampak program ini terhadap tingkat kepuasan dan pengalaman konsumen dalam menggunakan jasa kirim pilihan mereka? 

Maka itu, untuk menjawab pertanyaan tersebut, Snapcart melakukan riset berbasis online terhadap 500 responden dari berbagai wilayah di Tanah Air. Para responden itu telah berbelanja di platform Shopee dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Berikut ulasan dari temuan studi tersebut.

Kecepatan Pengiriman: Faktor Utama Konsumen

Kecepatan pengiriman tak bisa dilepaskan jadi salah satu faktor penting dalam industri belanja online. Hal ini terlihat dari hasil survei di mana sebanyak 74% responden menyatakan bahwa kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman menjadi salah satu alasan utama konsumen berbelanja online.

Dalam lanskap e-commerce yang kompetitif, pemilihan layanan pengiriman logistik juga menjadi keputusan krusial bagi konsumen. Snapcart mengidentifikasi berbagai faktor yang paling dipertimbangkan konsumen saat memilih jasa kirim saat berbelanja di Shopee. 

Menurut Anggia, secara keseluruhan, harga ongkos kirim (74%), kecepatan pengiriman (64%), dan ketepatan waktu (60%) menempati posisi teratas di antara lima faktor utama yang mempengaruhi pilihan konsumen. Dijelaskan dia, hal itu menunjukkan efisiensi biaya dan kecepatan layanan adalah prioritas dominan bagi mayoritas konsumen e-commerce.

“Secara umum, banyak konsumen mengatakan bahwa ketepatan waktu pengiriman menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam keputusan mereka ketika berbelanja online. Survei ini juga menguatkan bahwa pengiriman memang merupakan aspek penting yang tidak bisa diabaikan dalam e-commerce,” kata Anggia.

Program Garansi Tepat Waktu

Anggia menambahkan, dalam riset pihaknya, diukur pula dampak dari program Garansi Tepat Waktu di Shopee. Ada tiga aspek yaitu loyalitas terhadap merek layanan jasa kirim yang digunakan, kecepatan pengiriman jasa kirim, serta kepuasan konsumen secara keseluruhan terhadap layanan jasa kirim. 

Kata dia, dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara umum, program ini membawa dampak positif bagi sebagian besar konsumen jasa logistik. Hal ini dibuktikan dari pengalaman konsumen Anteraja, JNE, dan SiCepat yang menunjukkan adanya peningkatan persentase yang signifikan pada ketiga aspek tersebut.

Dari aspek loyalitas, SiCepat mencatat pertumbuhan tertinggi sesudah program Garansi Tepat Waktu berjalan, yakni sebesar 16%, disusul oleh JNE (12%), Anteraja (10%), dan Pos Indonesia (8%). Di sisi lain, kecepatan layanan pengiriman dipimpin oleh Anteraja dengan peningkatan 9%, kemudian Pos Indonesia dan SiCepat yang sama-sama naik 8%, dan JNE tercatat meningkat 6%. Pada kepuasan responden secara umum, Anteraja kembali unggul dengan kenaikan 9%, diikuti oleh SiCepat (6%), JNE (4%), dan Pos Indonesia (2%).

Data ini menunjukkan Anteraja dan SiCepat berhasil mencatat peningkatan signifikan secara konsisten di hampir semua aspek pelayanannya. Hal itu terutama kecepatan dan kepuasan pelanggan setelah program Garansi Tepat Waktu hadir. Sementara, JNE dan Pos Indonesia juga mengalami peningkatan yang secara keseluruhan setelah bergabung ke dalam program tersebut.

Temuan Snapcart juga menegaskan kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman merupakan aspek yang penting bagi konsumen dalam berbelanja online. Program yang menyasar langsung kedua aspek ini, seperti Garansi Tepat Waktu dari Shopee terbukti tak hanya meningkatkan kepuasan konsumen. Tapi, juga memberikan dampak positif terhadap kualitas layanan jasa kirim yang tergabung di dalamnya.

“Program ini menjadi contoh bagaimana kolaborasi strategis antara platform e-commerce dan penyedia logistik mampu menciptakan standar layanan yang lebih tinggi serta memberikan nilai tambah bagi konsumen,” ujar Anggia.