Wajibkah Memakai Cadar Bagi Para Muslimah?

wanita memakai niqob
Sumber :
  • michael wave/unsplash

Cerita KitaCadar atau "Niqab" merupakan kain yang digunakan untuk menutup wajah oleh para perempuan muslimah. Berbicara mengenai hukum niqab tentu tidak jauh dari bahasan tentang batasan aurat wanita dan apakah wajah termasuk dari aurat yang harus ditutup?  

Kebanyakan ulama dalam melihat cadar memang tidak mewajibkan para muslimah untuk menutupi wajahnya karena bukan bagian dari aurat. Pendapat tersebut berdasarkan pada ulana-ulama besar seperti Ulama mazhab Hanafi, ulama mazhab Maliki, ulama mazhab Syafi’i, dan ulama mazhab Hanbali.

Seperti pendapat dari Imam Nawawi dari mazhab Syafi’i : 

  وَأَمَّا الْمَرْأَةُ فَإِنْ كَانَتْ حُرَّةً فَجَمِيْعُ بَدَنِهَا عَوْرَةٌ إِلَّا الْوَجْهَ وَالْكَفَّيْنِ 

Artinya ;  “Adapun perempuan, jika merdeka, maka seluruh tubuhnya merupakan aurat, kecuali wajah dan kedua telapak tangan.” (Yahya bin Syaraf an-Nawawi, Raudhatut Thalibin, juz 1, h. 104).   

Tetapi ada juga dari ulama mazhab Syafi'i yang berpendapat bahwa wajah wanita merupakan aurat dan harus ditutupi. Seperti yang pernah ditulis oleh Syekh Syarqawi: 

  أَمَّا عَوْرَتُهَا خَارِجَ الصَّلَاةِ بِالنِّسْبَةِ لِنَظَرِ الْأَجْنَبِيِّ إِلَيْهَا فَجَمِيْعُ بَدَنِهَا حَتَّى الْوَجْهَ وَالْكَفَّيْنِ