Si Cantik Gua Jomblang, Pesona Cahaya Surga Di Jogja

Gua jomblang
Sumber :
  • @Chelseakauai/Instagram

Cerita Kita –Berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, di Yogyakarta, Goa Jomblang memiliki daya tarik wisatawan, destinasi ini bisa dibilang cukup menantang untuk track-nya sendiri dimana pengunjung harus memacu adrenaline dengan menyusuri ruang gua. 

 

Wisata ini merupakan gua vertical (Vertical caving) yang terbentuk ketika tanah dan vegetasi runtuh sebab adanya proses geologi. Kemudian reruntuhan tersebut membentuk lubang besar dengan lebar mulut gua sekitar 50 meter. 

 

Untuk menuju ke wisata ini, pengunjung juga harus memiliki keahlian dalam menjelajah dan terbiasa dengan media yang agak curam. Meskipun dari Pengelola Gua Jomblang sendiri telah menyiapkan peralatan Single Rope Technique, peralatan pengamanan dan guide yang akan memandu wisatawan ke lokais dengan aman. 

 

Lokasi yang sering diburu oleh para pengunjung ialah Luweng Grubug. Spot ini terkenal sebagai cahaya surga karena pancaran matahari masuk ke gua dan menyinari flowston dibawahnya. Ditambah dengan uap air dari bebatuan menambah efek sinar vertikal yang cantik.