Survei Pilkada Kaltim, Elektabilitas Rudy-Seno 57,9% Kalahkan Isran-Hadi

Pasangan Cagub-Cawagub Kaltim Rudy Mas'ud- Seno Aji
Sumber :

Samarinda – Geopolitik Research Center (GRC) merilis survei elektabilitas dua pasangan calon (paslon) di Pilkada Kalimantan Timur (Kaltim). Hasilnya, elektabilitas pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji mencapai 57,9%, unggul dari rivalnya, pasangan petahana Isran Noor dan Hadi Mulyadi, yang tingkat elektabilitasnya hanya 31,7%, sementara 10,4% responden masih belum menentukan pilihan. 

"Jika pemilihan dilakukan hari ini, pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji kemungkinan besar akan keluar sebagai pemenang," kata Direktur Geopolitik Research Center Alfian Septiansyah dalam keterangannya, Sabtu (26/10/2024).

Alfian menyatakan, pada survei GRC ini juga dipotret tingkat pengenalan dan kesukaan terhadap kedua paslon kepala daerah. Hasilnya, pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji memperoleh tingkat pengenalan sebesar 82,8% dan tingkat kesukaan mencapai 88,4%.

Sementara itu, pasangan Isran Noor dan Hadi Mulyadi mendapatkan tingkat pengenalan oleh 87,0% responden dengan tingkat kesukaan 70,3%. Survei ini menunjukkan tren positif bagi pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji, yang menjadi indikasi kuat bahwa mereka berpeluang besar memenangkan Pilkada Kaltim 2024.

Survei GRC juga mencatat responden yang belum menentukan pilihan dalam survei Pilkada Kaltim 2024 tersebar di tujuh kabupaten dan tiga kota di Kaltim. Mereka yang belum menentukan pilihan mayoritas berasal dari kalangan pemilih pemula. 

"Dari 10,4% yang belum menentukan pilihan, mayoritas adalah pemilih pemula. Meskipun terdapat 10,4% pemilih yang belum menetapkan pilihan, tren yang ada saat ini menunjukkan potensi besar bagi pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji untuk memenangkan Pilkada Kaltim," kata Alfian.

Dikatakan, dukungan terhadap pasangan Rudy Mas'ud - Seno Aji yang saat ini berada di angka 57,8% diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin gencarnya kampanye serta komunikasi yang intensif kepada pemilih.