Zoho Corporation Berkomitmen Dukung Tujuan Transformasi Digital Indonesia

Vice President & GM Asia Pacific Zoho, Gibu Mathew
Sumber :

Jakarta – Zoho Corporation, perusahaan teknologi global terkemuka yang didirikan di India, melihat potensi besar dalam pertumbuhan solusi SaaS (Software as a Service) di lanskap bisnis Indonesia

Dalam setahun terakhir, Zoho telah berinvestasi dalam pelatihan dan peningkatan fitur untuk perangkat lunak bisnisnya. Dengan solusi berbasis AI dan inisiatif pelatihan

maka dapat meningkatkan akses software bisnis terbaik untuk mempercepat adopsi solusi digital.

Vice President & General Manager Asia Pacific Zoho, Gibu Mathew mengungkapkan pada Agustus 2024, program Young Creator oleh Zoho Creator diadakan kembali di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya dengan program yang lebih luas. 

"Untuk pertama kalinya secara global, pelatihan Zoho Creator diberikan kepada 40 dosen di institut tersebut untuk modul Low-Code/No-Code (LCNC), yang nantinya akan dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran," ujar Gibu, dalam keterangannya Kamis, 20 Februari 2025

Pada November 2024, Zoho mengumumkan kemitraan strategis dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Startup Studio Indonesia yang berada di bawah Kementerian Komunikasi dan Digital. 

"Kolaborasi ini memberikan akses kepada 1.500 startup untuk mengikuti program Zoho for Startups. Program ini menyediakan solusi perangkat lunak senilai lebih dari Rp 60 miliar, memungkinkan para wirausahawan untuk mengeksplorasi alat yang sesuai dengan kebutuhan mereka di berbagai tahap pertumbuhan bisnis," tambah Gibu.

Rangkaian solusi bisnis Zoho berkembang pesat di Indonesia, dengan pertumbuhan pendapatan tahunan melebihi 30%. 

Seiring dengan meningkatnya adopsi Zoho sebagai solusi platform, bisnis dapat mengakses perangkat lunak kelas perusahaan besar yang dirancang untuk mendorong transformasi digital dan pertumbuhan. 

Asisten AI terintegrasi dari Zoho, Zia, memperkaya aplikasinya dengan kemampuan Generative AI yang didukung oleh teknologi kepemilikan di private cloud Zoho.

Strategi Nasional AI Indonesia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi AI terhadap perekonomian, yang diperkirakan mencapai USD 366 miliar terhadap PDB pada tahun 2030, atau sekitar 12% dari total PDB nasional. 

"Dengan meningkatnya pengeluaran publik dan swasta di sektor teknologi informasi, Indonesia memiliki potensi besar untuk mencapai pertumbuhan PDB yang lebih tinggi. Zoho mendukung visi ini dengan menyediakan alat berbasis AI yang meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis," papar Gibu.

Zoho CRM – Meningkatkan interaksi pelanggan dengan wawasan berbasis AI, analisis prediktif terhadap peluang bisnis, dan pembuatan konten otomatis. Pembaruan CRM for Everyone akan lebih menyederhanakan customer journey dengan mengurangi kesenjangan komunikasi dan meningkatkan waktu respons aduan pelanggan.

Zoho One – Rangkaian komprehensif dengan lebih dari 40 aplikasi untuk menyatukan operasional bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mengoptimalkan alur kerja.

Zoho Workplace – Alat kolaborasi dan komunikasi berbasis AI yang menyempurnakan penulisan, mengoptimalkan konten, dan memberikan wawasan cerdas terkait dokumen.

Zoho Desk – Dukungan pelanggan berbasis AI dan manajemen tiket dengan fitur seperti analisis sentimen, ringkasan tiket otomatis, dan respons berbasis pengetahuan.

Zoho Projects – Integrasi Natural Language Processing (NLP) dan ChatGPT memungkinkan rekomendasi tugas cerdas, wawasan berbasis AI, dan visibilitas yang lebih baik untuk tim yang bekerja secara asinkron.

Zoho terus berkomitmen untuk memberdayakan bisnis Indonesia dengan solusi berbasis AI, mendorong inovasi, dan mendukung tujuan transformasi digital negara.

"Seiring dengan ekspansi Zoho, kami berkomitmen untuk selalu menghadirkan teknologi mutakhir dan nilai luar biasa bagi pelanggan SaaS kami. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, konferensi pengguna Zoho yang disebut Zoholics, kembali diselenggarakan di Jakarta pada Februari 2025, acara tersebut mempertemukan para pemimpin bisnis dan technology enthusiasts," kata Gibu.

Acara tersebut menghadirkan tiga topik fokus utama, antara lain mencakup solusi untuk Penjualan dan Pemasaran; Keuangan dan SDM; serta Kolaborasi dan alat Developer. 

Zoholics menjadi platform utama untuk mengedukasi pelaku bisnis di Indonesia tentang bagaimana solusi perangkat lunak Zoho dapat mempercepat transformasi digital. 

Tim Zoho hadir di User Conference - Zoholics Indonesia 2025 untuk memberikan bantuan langsung, memfasilitasi diskusi tentang inovasi digital, serta mempererat hubungan dengan klien dan mitra bisnis.