Ruang Publik Baru Warga Jakarta Diapresiasi Menteri Sampai Tokoh Nasional

Owner Jakarta Connection Cafe, Muhammad Iqbal
Sumber :

Jakarta – Tempat hangout atau nongkrong sudah sangat menjamur di Jakarta. Setiap sudut kota mudah sekali ditemukan gerai-gerai kopi (coffee shop) dengan karakteristik masing-masing. Budaya nongkrong sambil ngopi memang sudah lekat bagi masyarakat urban. # Apalagi semenjak didera Covid-19, muncul budaya work from cafe (WFC) di mana masyarakat tidak lagi harus bekerja dari kantor.

Era sekarang, urusan politik, bisnis, isu-isu sektoral lainnya sering kali lahir dari ruang publik seperti coffee shop. Fenomena itu jugalah yang pada akhirnya melatarbelakangi lahirnya tempat nongkrong baru, Jakarta Connection Cafe. Mengusung tagline “Hangout and Connect”, cafe yang terletak di kawasan Jakarta Selatan ini memberikan warna baru di dunia bisnis food and beverage (F & B).

“Kami ingin Jakarta Connection Cafe bukan sekadar bisnis semata, tetapi menjadi ruang publik yang menjadi awal lahirnya ide-ide dan gagasan baru untuk kemajuan Indonesia,” ujar Founder sekaligus owner Jakarta Connection Cafe, Muhammad Iqbal.

Iqbal menjelaskan, kelahiran Jakarta Connection Cafe didukung oleh komunitas-komunitas politik, komunitas penggiat sosial dan aktivis di Jakarta. Ini terlihat dari ramainya situasi saat acara Grand Opening kafe. Deretan papan bunga berisi ucapan selamat dari Menteri, pejabat, tokoh masyarakat terlihat berjejer di sekitaran kafe.

Mulai dari Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, Anggota Wantimpres Agung Laksono, Ketua Kadin DKI Jakarta Diana Dewi, Sekjen PAN Eddy Suparno, Anggota BPK Terpilih Bobby Adhityo Rizaldi, dan sederet tokoh lainnya. Tokoh-tokoh dari daerah juga turut mengucapkan apresiasi seperti tokoh masyarakat Kota Bengkulu, Benny Suharto.

“Ucapan selamat dari menteri, para pejabat, politisi, tokoh masyarakat membuktikan gerakan kami membersamai warga Jakarta lewat Cafe Shop didukung penuh. Ini memberikan energi positif bagi kami mengawal setiap agenda sosial politik di negeri ini lewat kegiatan nongkrong sambil ngopi,” ujar Iqbal lagi.

Kendati baru beroperasi, Jakarta Connection Cafe sudah mulai unjuk gigi. Kafe ini menjadi ruang berbagai komunitas masyarakat menggelar kegiatan diskusi publik, seperti komunitas UMKM yang dibina oleh Kementerian Kominfo RI dan komunitas politik yang tengah mengawal agenda Pilkada DKI Jakarta.