Ekonom usul Prabowo Pilih Sosok Mumpuni Jadi Kepala Bapanas gantikan Arief Prasetyo

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi
Sumber :

Jakarta – Rezim baru pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka harus dapat mencari orang tepat dan mumpuni untuk menggantikan sosok Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas).

Pasalnya selama menjabat sebagai  Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi gagal dan tidak becus dalam mengurus beras di Indonesia.

Demikian disampaikan Ekonom Ferry Latuhihin menanggapi rentetan panjang kegagalan dan ketidakbecusan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi dalam mengurusi beras. Teranyar Bank Dunia membeberkan hasil survei yang menyebut harga beras di Indonesia tertinggi di ASEAN namun kesejahteraan petaninya sangat jeblok.

“Sosok yang mumpuni lah (pengganti Arief Prasetyo Adi). Penggantinya juga harus sosok profesional,” tegas Ferry, Jumat, 27 September 2024

Ferry mengakui  kegagalan Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam mengurusi persoalan beras dan kesejahteraan petani disebabkan kepemimpinan Arief Prasetyo Adi. Ferry mengingatkan pentingnya orang yang tepat dan memiliki kemampuan untuk mengisi pos sebagai Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Terkait masalah institusi (Bapanas) tentu masalah manpower. The right man on the right place,” jelas Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 in.

Ferry tak menampik masalah terbesar dari mahalnya harga beras saat ini lantaran kegagalan Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi untuk membuat Indonesia terbebas dari jeratan impor. Karena jeratan impor itu, kata Ferry, membuat importir dengan leluasa menentukan harga beras di Indonesia.