Berpuasa Tapi Tidak Shalat Fardhu, Apakah Puasanya Sah?

Puasa
Sumber :
  • Rauf alvi/unsplash

Cerita Kita

Gabungan Aktivis dan Mahasiswa Tuntut KPK Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi di Lamongan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Dimana pada bulan ini manusia berlomba--lomba dalam mengumpulkan amalan ibadah lewat keberkahan puasa di bulan Ramadhan. Kewajiban umat islam dalam berpuasa penuh selama satu bulan hanya dirasakan satu tahun sekali. 

Namun demikian, manusia yang memilki fitrah yang dimana tidak bisa lepas dari segala kesalahannya. Termasuk lalai dalam menjalankan ibadahnya dengan baik. Bahkan ditengah kewajiban menunaikan ibadah puasa, banyak dari umat islam melupakan kewajiban yakni shalat lima waktu. 

Satgasus Bareskrim Polri Dampingi Kemensos Periksa Dinsos Lamongan

Sholat

Photo :
  • Rumman amin/unsplash

Lalu bagaiman orang berpuasa tetapi lalai menunaikan shalat fardhu? Apakah puasanya sah? 

Jelang Wukuf, Lebih dari 1,5 Juta Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Tiba di Arab Saudi

Syekh Ali Jum'ah, Guru Besar Ushul Fikih Fakultas Dirasat Islamiyyah dan Bahasa Arab Universitas Al Azhar Kairo dalam ceramahnya mengatakan, orang yang berpuasa tetapi tidak shalat fardhu, maka puasanya tetap sah tetapi tidak diterima amalnya. 

Artinya, amalan puasa nanti pada waktu hari kiamat tidak dihisab. Sebab tidak menunaikan ibadah shalat itu merupakan pelanggaran berat dan dosa besar dimana bisa membuat amalnya tidak diterima termasuk puasa ramadhan sekalipun. 

Halaman Selanjutnya
img_title