Tak Hanya Penyelamat Siksa Kubur, Berikut 5 Keutamaan Surat Al Mulk Dibaca Sebelum Tidur

Ilustrasi orang membaca Al quran Surat Al Mulk
Sumber :
  • Unsplash / Madrosah Sunnah

Cerita KitaSurat Al Mulk merupakan surat ke 67 di dalam Al quran yang terdapat pada juz 29. Al Mulk adalah salah satu dari empat surat yang dianjurkan untuk dihafalkan.

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram



Surat Al Mulk turun di Makkah atau disebut dengan surat Makkiyah dengan jumlah 30 ayat. Tentunya setiap surat yang ada di dalam Al quran memiliki keutamaan dan manfaatnya masing-masing.



Begitu pula dengan Surat Al Mulk, dalam sejumlah hadits disebutkan bahwa keutamaan Surat Al Mulk yang dibaca sebelum tidur bisa menjadi penyelamat siksa kubur.

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?



Dalam Tafsir Ibnu Katsir disebutkan bahwa Rasulullah SAW sebelum beranjak tidur, beliau membaca Surat Al Mulk. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Turmuzi. Dia berkata dari Jabir ra, "Bahwa Rasulullah SAW masih belum tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil dan Tabarakal Lazi Biyadihil Mulku".



Cerita kita merangkum dari berbagai sumber, Surat Al Mulk mempunyai arti Kerajaan dan turun setelah Surat Ath Thur. Dalam Surat Al Mulk terkandung makna tentang kekuasaan Allah.

5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata



Menurut Tafsir Al Munir, Surat Al Mulk memperhatikan dasar akidah Islam, yaitu mengenai pembuktian keberadaan Allah SWT, keagungan dan kekuasaan-Nya atas segala sesuatu, pengambilan dalil atas keesaan-Nya, dan pengabaran soal hari kebangkitan.



Selain itu, Surat Al Mulk juga membawa peringatan akan kegentingan yang terjadi di hari kiamat dan mengingatkan nikmat-nikmat Allah SWT kepada semua hamba-Nya.

Halaman Selanjutnya
img_title