Mengenal Ilmu Tajwid dan Manfaat Mempelajarinya Dalam Membaca Alquran

Ilustrasi Belajar Tajwid
Sumber :
  • Pexels / Alena Darmel

Cerita Kita – Secara bahasa tajwid mempunyai pengertian mendatangkan kebaikan. Sementara menurut istilah, tajwid adalah ilmu yang dibuat untuk mengetahui pemberian hak-hak huruf seperti sifat dan mad, serta selain dua hal tersebut seperti tarqiq tafkhim.

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram

Jadi tajwid merupakan konsep ilmu yang menjelaskan tentang tata cara membaca Alquran, baik membunyikan huruf, tempat yang tepat untuk berhenti, sebab dan hukum bacaan, serta beberapa hal lainnya yang berkaitan dengan bacaan Alquran.

Dengan membaca Alquran seseorang dapat mendapatkan amalan yang mulia, karena setiap huruf yang dilafalkan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan sebagaimana yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW.

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Maka dari itu, ilmu tajwid sangat dibutuhkan agar ketika membaca Alquran seseorang dapat melakukannya dengan baik dan benar. Dan salah satu cara untuk masuk surga yakni dengan beribadah sebaik mungkin salah satunya dengan mengetahui dan belajar tata cara membaca Alquran dengan benar. 

Banyak materi yang perlu diketahui dan dipelajari sekaligus dipahami dalam ilmu tajwid, diantaranya makhorijul huruf atau pengucapan  huruf arab, sifat dan hukum bacaan Alquran, serta panjag pendek bacaan.

5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata

Cerita kita mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat mempelajari ilmu tajwid.

1. Tahu cara membaca Alquran yang baik

Halaman Selanjutnya
img_title