Tarbiyah Pada Anak Dalam Islam: Konsep, Prinsip, Dan Tujuan

Tarbiyah Pada Anak
Sumber :
  • Pexels / Akela Photography

Cerita Kita – Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah tarbiyah. Dalam Islam tarbiyah juga disebut sebagai parenting atau pendidikan Islam yang merupakan proses pendiikan dan pembinaan anak.

Dalam bahasa Arab, tarbiyah berasal dari kata robaa-yarbu yang artinya bertambah atau berkembang. Ada pula dalam sebuah tafsir surat Al-Fatihah, berasal dari kata Ar-Rabb. Menurut Imam Al-Baidawi, Ar-Rabb merupakan sebutan yang bermakna tarbiyah dan memiliki makna menyampaikan sesuatu sampai menuju titik kesempurnaan.

Maka dari beberapa tafsir sekaligus definisi terkait kata tarbiyah, bisa disimpulkan bahwa tarbiyah adalah proses penyampaian ilmu kepada anak untuk membentuk ketakwaan dan kepribadian yang baik.

Dimana tujuan dari tarbiyah diantaranya membentuk kepribadian anak yang berakhlak mulia, beriman, dan bertaqwa kepada Allah SWT. Namun juga melibatkan pendidikan dari segi spiritual, moral, sosial, serta intelektual.

Cerita kita merangkum dari berbagai sumber, dari jurnal berjudul At Tarbiyah ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra tentang konsep pendidikan yang berbunyi:

Rasulullah SAW bersabda, "Jadilah kamu para pendidik yang penyantun, ahli fiqih dan berilmu. Kalian disebut pendidik apabila telah mendidik manusia dengan ilmu pengetahuan dari skecil-kecilnya sampai menuju pada tinggi." (HR. Bukhari)

Lewat hadist tersebut Rasulullah mendorong umatnya untuk menjadi seorang pendidik yang paham akan ilmu. Dengan tujuan agar anak-anak mampu memahami dan mengamalkan ajaran agama, sehingga melalui hal itu anak-anak dapat memiliki pandangan keselamatan hidup di dunia dan di akhirat.


Konsep Tarbiyah

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram

Disamping tarbiyah tujuannya untuk memperoleh ilmu pengetahuan, ada beberapa konsep yang perlu diketahui. Dari buku At-tarbiyah Al Islamiyah: Telaah Falsafi Prinsip dan Urgensi Karya Muhammad Natsir menjelaskan beberapa hal berikut.

1. Tarbiyah menjadi sebuah proses pendidikan yang mempunyai sasaran atau taget
2. Tarbiyah dilakukan secara bertahap dalam setiap prosesnya. Maksudnya jalannya tarbiyah atau pendidikan dalam Islam ini dilaksanakan dengan sistematis dan teratur.
3. Mendidik dengan berkelanjutan dan mewujudkannya sebagaimana syariat dan agama Allah SWT.

Tujuan Tarbiyah

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Selain beberapa hal yang berkaitan soal tujuan tarbiyah di atas, hal lain yang perlu diketahui tentang tujuan tarbiyah diantaranya:

1. Membentuk Akidah yang Benar

Sebagaimana maksud tujuan tarbiyah yang telah ada sebelumnya, guna membentuk akidah manusia yang benar maka perlu mengetahui soal akidah kepada Allah, pengetahuan mendasar tentang agama, rukun imannya, hingga akidah terhadap manusia itu sendiri.

2. Mengajarkan Ibadah Dengan Benar

Tarbiyah atau pendidikan dalam Islam selalu mengajarkan manusia untuk beribadah yang benar kepada Allah, baik dari segi kewajiban atau sunnah yang perlu dijalankan. Karena tujuannya adalah membentuk muslim yang menyeru kepada Allah.

3. Berdedikasi Islam

Tidak hanya dua hal tadi, tujuan lain dari Tarbiyah adalah agar menusia utamanya muslim juga dapat berinteraksi  dengan manusia yang lain dengan landasan pemikiran yang benar berdasarkan Alquran dan sunah.


Prinsip Tarbiyah

Halaman Selanjutnya
img_title