Puasa Weton, Tradisi atau Syariat Agama ?

Ibadah
Sumber :
  • Pixabay

Cerita Kita –Istilah Weton biasa digunakan oleh orang-orang jawa, dimana weton sendiri merupakan  penanggalan atau perhitungan pada hari kelahiran berdasarkan kalender Jawa. Mirip dengan perayaan ulangtahun, masyarakat biasanya melakukan tradisi wetonan. Peringatan tersebut berpatokan dari yang kalender yang berputar 35 hari sekali.  

Satgasus Bareskrim Polri Dampingi Kemensos Periksa Dinsos Lamongan

Tradisi Wetonan ini umumnya diwarnai dengan selamatan dan membagikan makanan kepada orang-orang sekitar yang tujuannya untuk mendoakan anak-anak mereka. Ada pula kebiasaan lain yang dilakukan masyarakat, yakni dengan melaksanakan puasa Weton. Tujuannya hamper sama, yaitu agar memperoleh keberkahan, dilindungi oleh Tuhan, dan dapat membuat tubuh lebih sehat.

Namun dalam ajaran Islam sebenarnya puasa ini tidak disyariatkan dan Rasulullah juga tidak mengerjakannya. Maka bisa disimpulkan bahwa puasa weton adalah bagian dari tradisi kejawen yang dibungkus dengan ibadah. 

Jelang Wukuf, Lebih dari 1,5 Juta Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Tiba di Arab Saudi

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Qatarah RA, bahwa para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW soal puasa yang sering dilakukan Rasul pada hari Senin. Rasulullah SAW kemudian menjawab

“Hari Senin adalah hari kelahiranku dan hari diturunkannya wahyu kepadaku.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim)

Geger Bocil SMP di Pemalang Nikah Dini, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Berdasarkan hadist diatas, sebagian ulama berpendapat bahwa, walaupun hari Senin sendiri bersamaan dengan hari saat Rasulullah lahir, namun tidak ada ajakan atau seruan yang mengatakan agar umatnya melakukan hal yang sama, yakni puasa di hari lahir. 

Seperti diketahui, ada banyak jenis-jenis puasa sunnah, antara lain : puasa Senin-Kamis, puasa 6 hari di bulan Syawal, Puasa Tasu'a dan 'Asyura, puasa Daud, Puasa Sya'ban, Puasa ayyamul bidh, dan Puasa 'Arafah. Tujuh puasa tersebut merupakan ibadah sunnah yang memang dianjurkan oleh Rasulullah. Diluar ketujuh jenis puasa sunnah ini, tidak ada dalil atau sumber yang menyebutkan bahwa puasa weton merupakan salah satu syariat Islam. Wallahu A’lam