Memerahkan Bibir Menggunakan Pasta Gigi, Aman Atau Tidak ?

Pasta gigi
Pasta gigi
Sumber :
  • Voyagerix/iStock

Cerita Kita –Bibir yang kering dan hitam memang menjadi masalah yang bisa mengganggu penampilan. Berbeda dengan bagian kulit yang lain, kulit bibir lebih sensitif dengan melanin atau pigmen pewarna kulit yang juga melindungi kulit dari sinar UV. Terlebih kulit bibir tidak mempunyai kelenjar untuk menghasilkan pelumas alami untuk melembabkannya. 

Penyebab bibir menjadi kering ada banyak faktor, seperti kebiasaan menjilat bibir, menggunakan lipstik matte, paparan sinar matahari, pelembap bibir dengan rasa, hingga sengaja mengelupas bibir, memakai rokok. 

Saat ini tips mengatasi bibir kering juga banyak dibahas, salah satunya menggunakan odol atau pasta gigi untuk membuat bibir merah. Namun banyak juga yang meragukan tips ini meskipun sudah menjadi tren sejak lama. 

Beberapa orang juga menggunakan cara ini karena dianggap mudah dilakukan, bahan juga mudah didapatkan serta harganya yang cukup terjangkau.

Alasan lainnya banyak orang percaya bahwa kandungan di dalam pasta gigi mampu memerahkan bibir dan tidak kering. 

 Namun ternyata penggunaan pasta gigi ke bibir menimbulkan efek yang tidak sehat bagi kelembaban bibir. Ditambah produk pasta gigi yang tidak cocok dengan kulit bibir dan menimbulkan dampak sebagai berikut :

1. Bibir kering dan pecah-pecah