Hasil Survei IDM, Jan Maringka Teratas Figur Calon Gubernur Sulut 2024

Ilustrasi pemilu
Sumber :

Cerita Kita – Tokoh Nasional asal Sulawesi Utara Jan Samuel Maringka kembali menduduki survei teratas dalam figur calon Gubernur Sulut 2024. Setelah sebelumnya survei didata oleh Timur Barat Reserch Center (TBRC), kini survei Indonesia Development Monitoring (IDM) juga mencatatkan data yang sama. Hasil survei (IDM) periode 23 Juni– 3 Juli 2024, figur Jan Samuel Maringka hanya diikuti calon lainnya yakni Elly Engelbert Lasut. 

Survei Pilkada Bupati Demak 2024, Teguh Sapto Utomo Raih Elektabilitas Tertinggi

Direktur Eksekutif (IDM) Heru Suyatno mengatakan, dalam simulasi pertanyaan tertutup terhadap 12 nama untuk dipilih masyarakat Sulut jika Pilgub digelar saat ini, Jan Maringka mencatatkan angka 20,7%. Selanjutnya menyusul, Rita Maya Tamuntuan dengan 17,8%, Elly Lasut 16,2%, Andrei Angouw 7,1%, Steven Kandau 5,2%, James Sumendap 3,4%, Vicky Lumentut 2,9%.

"Lalu Tatong Bara 2,3%, Yulius Komaling 1,9%, Tetty Paruntu 1,7%, Carlo Brix Tewu 0,9%, Ronny Sompie 0,6%, dan idak memilih sebanyak 19,1%," kata Heru, dalam keterangannya, Selasa 9 Juli 2024.

Survei TBRC: Elektabilitas Elly Engelbert dan Jan Maringka Bersaing Ketat Jelang Pilkada Sulut

Sementara itu, Heru menerangkan, dalam survei semi terbuka dari daftar 10 nama kandidat Calon Gubernur, Jan Samuel Maringka yang merupakan mantan Jaksa Muda Intelejen dan Irjen Kementan mendapatkan pilihan dari masyarakat Sulawesi Utara sebanyak 22,1%. Kemudian diurutan kedua Elly Engelbert Lasut dengan dipilih sebanyak 21,2%, lalu Rita Tumuntuan dipilih sebanyak 11,8%.

"Ada nama Steven Kandau dengan angka 8,3%, serta Mayjen (Purn) Yulius Selvanus Komaling 7,4%, dan Christiani E. Paruntu di angka 5,2%. Selain itu, ada nama Tatong Bara 4,7%, James Sumendap 3,9%, Benny Mamoto 2,1%, Carlo Tewu 1,2%, dan tidak jawab atau rahasia 12,1%," ujar Heru.

Dikenal Masyarakat, Nahor Newek Raih Elektabilitas Tertinggi di Bursa Calon Bupati Yalimo

Walau hasil survei tingkat keterpilihan tokoh untuk gubernur Sulawesi Utara secara pilihan top of mind, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut masih berada di puncak dengan angka 19,9%, namun kata Heru, dari hasil urvei angka Jan Maringka hanya selisih sedikit saja dengan tingkat keterpilihan 19,7%. Lalu diikuti Rita Tumuntuan Olly Dondokambey di angka 10,6%. 

Di posisi keempat ada Steven Kandau dengan angka keterpilihan 8,5%, serta Yulius Komaling dengan angka keterpilihan 5,6% dan Christiani E. Paruntu dengan angka Keterpilihannya 5,2%, Tatong Bara dengan angka keterpilihannya 4,1%. Kemudian Benny Mamoto dengan angka keterpilihan 1,7 %, Carlo Tewu dengan angka keterpilihan 1,1% dan tokoh tokoh lainnya di Bawah 1 persen dan tidak jawab/rahasia 17,8%," jelas Heru.

Halaman Selanjutnya
img_title