Kuatkan Mental Melalui Buku Filosofi Teras Karya Henry Manampiring

Buku Filosofi Teras
Sumber :
  • @fadillayst/instagram

Cerita Kita –Buku "Filosofi Teras: Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini". Dari judul saja mungkin membuat anda berfikir bahasan yang diusung Henry Manampiring dalam tulisannya akan mengupas soal filsafat dengan bahasa yang berat menyangkut Epistemologi, Estetika, Metafisika dan bidang filsafat yang lain. 

 

Namun nyatanya buku setebal 344 halaman ini akan membawa kita pada suatu filsafat Yunani-Romawi kuno, yang membuat mental seseorang menjadi kuat dan membantu menyingkirkan emosi negatif yang ada pada diri manusia. 

 

Henry Manamping sepertinya sengaja memperkenalkan Filosofi Stoa atau stoisisme yang dihadirkan melalui sebutan filosofi Teras. Karena jika membicarakan Tentang filsafat, biasanya membahas  skema  Transendental soal Strukturalisme, Post- strukturalisme, maupun Dekonstruksionisme. Anggapan umum terhadap filsafat yang mengindahkan penyakit mental semacam depresi, mudah stres, dan sensitive adalah hal yang kita ketahui seputar filsafat.

 

Tapi dibuku ini akan mengintroduksi wajah lain dari filsafat lewat stoisisme, cabang filsafat zaman Yunani dan Romawi kuno. Zeno, filsuf pelopor filsafat stoa yang mungkin agak asing di telinga kita dibandingkan dengan beberapa nama yang kita kenal seperti  Aristoteles, Sokrates, dan Plato.