10 Macam Model Celana Yang Harus Kamu Tahu

Celana
Celana
Sumber :
  • Mica Asato/pexel

Cerita KitaCelana merupakan bagian penting dari serangkaian pakaian yang digunakan untuk menutup anggota tubuh bagian bawah, dari Pinggang hingga mata kaki. Dengan bentuk segi empat panjang dengan belahan dan dua sisi lubang untuk kaki, celana memungkinkan pemakainya bergerak lebih fleksibel. 

 

Pakaian ini tentunya tidak hanya dipakai oleh kaum pria, tetapi juga kaum wanita. Agaknya memang celana sudah masuk dalam kebutuhan primer yang harus dimiliki setiap orang. Bentuknya pun beragam, menyesuaikan tren dan kebutuhan pemakai. Kenali berbagai model celana berikut agar anda dapat dengan mudah memilih bentuk celana yang sesuai dengan bentuk badan dan tone warna kulit.

 

1. Baggy Pants

Jenis celana ini biasa disebut dengan celana harem dengan bentuk besar di bagian pinggang dan paha kemudian mengecil di bagian lutut sampai kaki. Model celana ini bahkan sudah ada di tahun 80-an dan mengalami revolusi dengan tampilan yang lebih kekinian. 

 

Celana baggy ini cocok digunakan ketika bersantai maupun liburan. Desainnya juga bermacam-macam, Antara lain ; 

 

• Model Nevada Bow High Waist yang memiliki warna khaki atau coklat dengan bahan dasar katun. Model ini memiliki karet di bagian pinggang, serta kantong dan kancing yang berada di bagian depan. 

 

• Model Nevada Rope Nevada Rope berbahan katun dengan warna merah muda dengan kantong sebelah kiri dan kanan dilengkapi kancing di bagian depan. 

 

• Model Covering Story Cartex Pants-B dengan Aksen pita yang berfungsi untuk menentukan ukuran celana dengan cara diserut. 

 

• Model Neumor Baggy Long Pant dengan bahan polyester dan dilengkapi elemen resleting di bagian depan.

 

• Model Dtale Chiffon Celana dari bahan polyester dengan warna putih dan lapisan dalam kain sifon serta lapisan peplum di bagian paha dilengkapi resleting dan kancing kait di bagian samping. 

 

2. Bell Bottom 

Celana jenis bell-bottom/ cutbray pernah menjadi tren fashion di era tahun 70-an dengan beragam pilihan motif yang khas mewakili gaya bohemian. Namun celana ini kembali melejit dan menjadi tren saat ini. Desain celana bell-bottom melebar dari lutut ke bawah seperti lonceng kebalikan dari model baggy Pants. Bahannya juga berbeda-beda, ada yang terbuat dari denim, katun cerah, dan poliester satin. 

 

3. Cullotes / celana kulot

Populer dengan nama celana kulot, bentuknya menyerupai rok dengan model lebar dan terbagi menjadi 2 bagian kaki untuk tempat kaki. Celana kulot sendiri sudah populer 1574-1589 di Prancis. 

 

Model kulot juga bermacam-macam sesuai motif, bentuk dan bahan, seperti kulot polos, kulot plisket, baggy kulot, printed kulot, kulot rok, kulot jeans, kulot motif hingga ruffle kulot. Bahan kain yang digunakan tergantung dari modelnya. Mulai dari bahan denim, kain drill, Polyester, hingga kain linen. 

 

4. Fatigue Pants

Model celana ini kotak lurus ramping menampilkan detail autentik dari celana fatige AS tahun 40-an. detail-detail seperti 2 saku tempel besar di bagian depan, 2 saku belakang dan cinches samping di pinggang. Bahan dasar 100% katun celana ini awalnya digunakan oleh para tentara AS. 

 

Model celana ini menampilkan kaki lebar seperti balon dengan tali serut sebagai ikat pinggang.

 

5. Celana jeans