Premi Melonjak 19,21%, Taspen Life Sabet Penghargaan Life Insurance Market Leaders
- Istimewa
Jakarta - PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menunjukkan kinerja moncer di tengah dinamika industri asuransi jiwa nasional. Taspen Life mampu meraih penghargaan Life Insurance Market Leaders Award 2025 dari Media Asuransi.
Taspen Life jadi salah satu dari 10 perusahaan terbaik dalam kelompok asuransi jiwa nasional. Pun, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapaian finansial dan pertumbuhan kinerja yang berkelanjutan sepanjang tahun buku 2024.
Lembaga Riset Media Asuransi sebagai penyelenggara punya cara menentukan dalam penghargaan ini. Lalu, dewan juri membagi perusahaan ke dalam enam kelompok
berdasarkan jenis dan aset yang dimiliki, seperti asuransi jiwa, asuransi umum, reasuransi dan syariah.
Adapun pemisahan dilakukan agar evaluasi kinerja lebih relevan dan sebanding. Hal itu mengingat karakteristik dan skala operasional masing-masing segmen berbeda.
Pendekatan ini memungkinkan analisis yang lebih tajam terhadap performa keuangan dan pertumbuhan tiap perusahaan dalam konteks industrinya.
Sementara, penghargaan Insurance Market Leaders Award 2025 ini melengkapi penghargaan yang sudah diterima oleh Taspen Life. Deretan penghahargaan itu seperti BUMN Entrepreneurial Marketing Awards dan juga The Best Indonesia Enterprises Risk Management.
Dengan hasil penghargaan ini menunjukan Taspen Life siap terus berkompetisi dan bersaing pada Industri asuransi.
Dalam lanskap industri asuransi jiwa yang mulai bertransisi ke arah digitalisasi dan semakin menuntut transparansi, keberhasilan Taspen Life meraih penghargaan ini bukan semata-mata karena capaian angka dalam laporan keuangan. Lebih dari itu, penghargaan ini mencerminkan reputasi, kepercayaan dan konsistensi nilai yang terus dibangun oleh perusahaan.
Penjurian dilakukan secara independen dan komprehensif dengan mempertimbangkan faktor kinerja premi dan pertumbuhan tahunan secara objektif.
Pada tahun buku 2024 Taspen Life berhasil mencatatkan peningkatan pendapatan premi bruto sebesar 19,21% menjadi Rp 1,55 triliun dari sebelumnya Rp1,30 triliun pada 2023.
Selain itu, laba bersih perusahaan melonjak 44,10% menjadi Rp 130,03 miliar. Angka itui naiik dibandingkan pada tahun sebelumnya sebesar Rp90,23 miliar.
Kinerja ini menandakan kemampuan perusahaan dalam menjaga efisiensi dan fokus pada pertumbuhan berkelanjutan.
Dalam laporan Media Asuransi, kelompok perusahaan asuransi yang meraih predikat market leaders juga dinilai dari konsistensinya. Nilai konsisten itu dalam menjaga solvabilitas dan keberlanjutan bisnis.
Terkait itu, Taspen Life menonjol karena tak hanya mencetak pertumbuhan signifikan. Tapi, juga mampu menunjukkan pengelolaan risiko yang sehat terbukti dari indikator Risk Based Capital (RBC) sebesar 287,25%. Angka itu jauh di atas batas minimum OJK sebesar 120%. Hal ini
menunjukkan bahwa pertumbuhan yang dicapai Taspen Life tidak semata agresif, tetapi juga dibarengi prinsip kehati-hatian yang kuat.
Plt. Direktur Utama Taspen Life, Fachri Adnan mengaku bersyukur atas pencapaian ini. Bagi dia, capaian saat ini merupakan buah dari konsistensi, sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan.
Lalu, ia menyinggung komitmen dari manajemen dan seluruh karyawan Taspen Life dalam menjaga amanah peserta.
“Kami selalu menjaga komitmen untuk tetap profesional, memenuhi kewajiban kepada seluruh peserta, dan menjunjung tinggi prinsip Good Corporate Governance,” ujarnya.