Ini Dia Upaya Mitigasi Gempa Bumi yang Perlu Diketahui dan Dilakukan

Mitigasi Bencana Gempa
Sumber :
  • Pexels/Sanej Prasad Suwal

Cerita KitaMitigasi bencana menjadi sebuah hal penting yang perlu diketahui guna mengurangi risiko bencana alam yang terjadi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mitigasi adalah tindakan mengurangi dampak bencana.

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram

Menurut Cambridge Dictionary, mitigasi merupakan tindakan mengurangi seberapa berbahaya, tidak menyenangkan, atau buruknya sesuatu.

Maka dari beberapa definisi mitigasi yang ada dapat diartikan bahwa mitigasi bertujuan untuk menurunkan risiko dan dampak dari bencana.

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Bencana sendiri mempunyai tiga pengelompokan diantaranya bencana alam, non alam, dan sosial. Sedangkan bencana alam dibagi menjadi dua kategori yaitu bencana alam meteorologi dan geologi.

Seperti yang diketahui, bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya diakibatkan oleh serangkaian peristiwa alam. Sebaliknya bencana non alam atau sosial disebabkan oleh campur tangan manusia.

5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata

Bencana gempa bumi utamanya, dapat menyebabkan kerusakan bangunan atau fasilitas publik. Dan perlu diketahui Indonesia menjadi negara yang berada di kawasan cincin api Pasifik atau Ring of Fire, dimana sebagian besar wilayah negara adalah rawan gempa bumi.

Beberapa waktu belakangan wilayah Indonesia sempat diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo hebat, hingga beberapa peristiwa diantaranya menelan korban jiwa.

Halaman Selanjutnya
img_title