Kuliner Yang Patut Anda Coba Saat Berkunjung Ke Kabupaten Jember

lontong kupang
Sumber :
  • @ngulinerdijember/Instagram

Cerita Kita –Kabupaten Jember bukan hanya daerah lintas budaya yang beragam,namun juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat dan memanjakan lidah. Saat berkunjung ke Kota yang kaya temabakau ini, ada beberapa kuliner yang patut dicoba. 

Terindikasi Skandal Impor Beras, Menperin Minta Data Isi 26.000 Kontainer yang Tertahan di Pelabuhan

1. Suwar suwir 

Tidak heran jika Kabupaten Jember juga dijuluki sebagai kabupaten suwar suwir.Menu yang satu ini cukup populer diantara wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung di Jember. Suwar suwir sendiri adalah adalah sajian makanan berbahan dasar tape yang sudah melalui proses pengolahan dan memiliki tampilan mirip dodol.

Survei Pilkada Bupati Demak 2024, Teguh Sapto Utomo Raih Elektabilitas Tertinggi

suwar suwir jember

Photo :
  • @puji_nandangwuyung/Instagram

Bedanya, suwar suwir memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan dodol. Kuliner yang telah ada sejak jaman belanda ini terbuat dari tape singkong dengan tambahan gula, sirsak, hingga telur. Berkat adonan bahan tersebut, rasa suwar suwir tidak kalah enak dibanding dengan kuliner khas lainnya. Saat ini suwar suwir sudah berkembang dan memiliki banyak rasa, mulai dari strawberry, coklat, keju, kacang hijau dan lain sebgainya. 

11 Nama Aplikasi Garapan Pemerintah yang Bikin Netizen Tepok Jidat

2. Pecel Gudeg 

Pecel Gudeg, salah satu jujugan kuliner masyarakat lokal maupun domestik. makanan khas ini diracik dengan berbagai campuran, mulai dari nasi, sayuran berupa kacang panjang serta kecambah, gudeg nangka muda, siraman bumbu pecel, irisan telur, dan sambal goreng krecek, sambel, dan rempeyek kacang.

Halaman Selanjutnya
img_title