Hati-hati, Berhenti Lakukan Kebiasaan ini Saat Anak Terjatuh

Anak menyalahkan orang lain
Sumber :
  • Takasuu/iStock

Cerita Kita –Ketika anda melihat si kecil cenderung menyalahkan orang lain atas keadaan yang menimpanya, maka anda perlu cross check terlebih dahulu bagaimana cara anda mendidik si kecil sebelumnya. 

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram

Mungkin masih banyak orang yang ketika  anak terjatuh atau terbentur maka mereka akan mengatakan hal-hal seperti : “Temboknya nakal” atau “Gara-gara lantai ini, lantainya jahat” dengan tujuan supaya anak tenang dan tidak menangis, maka anda salah. 

Jika anda melakukan hal yang serupa seperti kasus diatas, bisa jadi hal tersebut menjadi pemicu kenapa anak memilih untuk melimpahkan kesalahan pada orang lain dibanding mengintropeksi  kesalahannya sendiri. 

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Contohnya saat anak bermain bersama temannya dan ketika mainan rusak karena terjatuh kemudian anak menyalahkan temannya. Atau ketika alat tulisnya hilang, ia bilang itu semua karena orangtua tidak menyimpannya dengan baik. Jika anak mendapatkan nilai kurang bagus, si kecil mengatakan bahwa ini karena Guru yang kurang baik dalam menjelaskan. 

Seorang psikolog di Boston, AS, Kate Roberts mengatakan, jika anak-anak masih belum paham bahwa semua orang dapat melakukan kesalahan baik itu disengaja. Anak-anak yang melimpahkan kesalahan pada orang lain adalah langkah termudah baginya agar bisa menghindar dari konsekuensi yang harus dihadapinya.

5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata

Tampak sepele memang apa yang selama ini banyak dilakukan oleh orang tua saat anak terluka atau mengalami masalah, orang tua memilih jalan pintas dengan 'menyalahkan' hal-hal disekitarnya untuk menenangkan si kecil walaupun itu benda mati. Tanpa disadari dampak yang diakibatkan menjadi hal yang negatif berjangka panjang, antara lain ; 

1. Anak terdoktrin bahwa apapun perbuatannya yang menimbulkan perasaan negatif, baik itu rasa sakit maupun sedih adalah kesalahan orang lain atau benda-benda disekitarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title