Menyimak Tradisi dan 6 Amalan Sunnah di Malam Nisfu Sya'ban dalam Agama Islam

Amalan Nisfu Sya'ban
Sumber :
  • Pexels / Thirdman

Cerita Kita – Bulan Sya'ban merupakan bulan sebelum menginjak Ramadhan yang memiliki banyak keistimewaan. Umat Islam bahkan dianjurkan untuk mengerjakan berbagai amalan baik di bulan ini.

Sementara itu pada tahun 2023 ini, malam Nisfu Sya'ban jatuh pada Rabu, 08 Maret 2023. Sehingga di hari mulia itu dalam Islam anjuran untuk memperbanyak ibadah atau amalan dapat dikerjakan siapapun.

Mengapa demikian? Hal ini dipercaya karena pada peringatan malam ke 15 bulan Sya'ban tersebut, Allah SWT membuka pintu ampunan dan pintu rahmat kepada hambanya.

Tidak hanya itu, apabila seseorang memohon ampunan atas dosa-dosanya maka Allah akan menghapuskannya. Sementara amalan atau ibadahnya akan dilipatgandakan pahalanya.

Dikutip Cerita kita dari berbagai sumber, hal ini tertuang dalam hadist riwayat Al-Baihaqi dalam Syu'ab Al-Iman, yakni:

"Apabila tiba malam Nisfu Sya'ban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: Adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka akan aku berikan permintaannya."

Momen pertengahan bulan Sya'ban ini bisa dikatakan spesial karena mempunyai banyak keutamaan. Tetapi memang banyak perbedaan pendapat mengenai tradisi atau dasar keutamaan malam Nisfu Sya'ban.

Namun perlu diingat pula, bahwa mengerjakan segala amalan atau beribadah kepada Allah tentu menjadi kewajiban setiap umat Islam.

Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram


Berikut ini beberapa amalan yang dapat dikerjakan pada malam Nisfu Sya'ban.

1. Sholat Maghrib Berjamaah

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Salah satu amalan yang bisa diterapkan pada malam Nisfu Sya'ban ialah melakukan sholat maghrib secara berjamaah. Selain itu, hal lain yang bisa dikerjakan setelah berjamaah yaitu dzikir atau wirid.

2. Sholat Sunah

Anjuran mengerjakan ibadah sholat seperti sholat hajat, sholat taubat, dan sholat tasbih dapat dilakukan ketika malam Nisfu Sya'ban.

Halaman Selanjutnya
img_title
5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata