Temukan Jalan Hidup lewat Buku Ikigai (Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang)

Buku Ikigai (Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang)
Buku Ikigai (Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang)
Sumber :
  • @reasonablebooks.in/Instagram

Cerita Kita –Buku Ikigai, Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang, menjadi salah satu buku yang wajib masuk reading list anda. Buku ini mengangkat genre perkembangan atau perbaikan diri (self growth/self improvement) dengan menerapkan konsep Ikigai

 

Ikigai sendiri merupakan sebuah istilah bahasa Jepang dalam mendeskripsikan kebahagiaan dan arti kehidupan. Berasal dari kata 'iki' yang artinya kehidupan, sedangkan 'gai' artinya nilai. Jadi kata Ikigai bisa didefinisikan sebagai suatu jawaban tentang hidup kita, makna kehidupan, dan alasan mengapa kita hidup dari mulai kita bangun pagi hingga tidur kembali. 

 

Dengan memahami konsep ikigai yang diterapkan oleh orang jepang, maka hidup menjadi lebih bermakna dan panjang umur sehingga memperoleh yang namanya kebahagiaan. Buku yang ditulis oleh Hector Garcia dan Francesc Miralles ini telah berhasil mencetak setidaknya 500.000 eksemplar dengan berbagai terjemahan bahasa. Hector, penulis buku Ikigai berdarah Spanyol ini bahkan sudah bermigrasi dan menetap di Jepang. 

 

Ikigai (The Japanese Secret to a Long and Happy Life) sangat cocok untuk para generasi milenial maupun gen z yang berada di fase Quarter life crisis, dimana di fase ini mereka tengah mencari jati diri, arti kehidupan dan alasan dari apa yang mereka lakukan selama ini dalam hidup. 

 

Memiliki tebal buku sebanyak 232 halaman ini merupakan hasil riset dua penulis di pulau Okinawa, negara Jepang yang banyak dihuni oleh lansia berusia lebih dari 100 tahun atau disebut centenarian. Lewat buku ini, keduanya mengungkap konsep ikigai yang diterapkan oleh para centenarian yang hidup lama dan bahagia. 

 

Secara sederhana ikigai bisa juga diartikan sebagai 'the happiness of always being busy', mengingat orang-orang jepang sendiri terkenal dengan kesibukan dan jam kerjanya yang luar biasa panjang. Konsep ikigai sendiri agaknya memang lebih kompleks dalam mengartikan sebuah bakat dan passion dalam diri seseorang. Bahasan yang dibawa dalam konsep ini secara inklusif menerangkan bagaimana agar jalan hidup lebih terorganisir untuk meraih tujuan hidup.