Komitmen Bangun Bisnis Berkelanjutan dan Berdampak Baik, Danone Indonesia Raih Sertifikasi B Corp

Danone Indonesia Raih Sertifikasi B Corp
Sumber :

Jakarta – Terus tunjukkan konsistensi dalam membawa kebaikan untuk masyarakat dan lingkungan lewat bisnisnya, Danone Indonesia yang terdiri Danone-AQUA dan Danone Specialized Nutrition Indonesia berhasil mendapatkan sertifikasi B Corporation atau B Corp dengan nilai 98.6.

Berhasil Capai Kinerja Unggul, Jasa Raharja Raih Penghargaan dari The Asian Post

B Corp adalah sertifikasi untuk perusahaan yang memenuhi standar tinggi dalam hal kinerja sosial dan lingkungan secara keseluruhan, transparansi dan akuntabilitas, yang diberikan oleh B Lab, sebuah lembaga non profit yang fokus mendorong perusahaan profit untuk meningkatkan dampak positif dari kegiatan usahanya, menjadikan sebuah bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan.

Tahun ini, Danone Indonesia berhasil melebarkan sertifikasi B Corp nya untuk kategori Specialized Nutrition. Sedangkan, di tahun 2018 dan tahun 2021, Danone-AQUA telah berhasil mendapatkan sertifikasi B Corp dengan peningkatan  dan menjadi FMCG pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikasi bergengsi ini.

Berkomitmen Kurangi Sampah, Kementerian LHK Beri Penghargaan Le Minerale

Laurent Boissier, CEO Danone Indonesia menjelaskan sejalan dengan ambisi Danone Impact Journey (DIJ), Danone Indonesia berkomitmen meningkatkan dampak positif dari kegiatan bisnisnya, terutama dalam bidang kesehatan, lingkungan dan komunitas serta transparansi tata kelola.

Keberhasilan Danone Indonesia meningkatkan skor  setiap kali mendapatkan sertifikasi B Corp  sejak 2018-2024, menjadi bukti nyata komitmen tersebut.

Kapolri Anugerahkan Bintang Bhayangkara Utama ke Panglima dan 3 Kepala Staf TNI

“Kami bangga kembali menjadi perusahaan tersertifikasi B Corp, Bagi kami, lebih dari sekadar sertifikasi, B Corp menjadi gerakan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, melalui praktik bisnis yang berkelanjutan dan berdampak positif baik secara operasional bisnis dan dampaknya untuk sosial dan lingkungan,” kata Laurent

“Melalui pencapaian ini, Danone Indonesia sebagai negara yang penting bagi Danone, berkontribusi mendukung ambisi global Danone untuk menjadi 100% B Corp Certified pada tahun 2025,” sambungnya.

Saat ini, Indonesia mengalami tantangan kompleks yang meliputi berbagai aspek, seperti aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Data BPS menunjukkan, 9,79% penduduk Indonesia termasuk golongan penduduk miskin[ bps.go.id], sementara itu kesenjangan sosial semakin nyata, di mana saat ini tingkah ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia (rasio gini) sebesar 0.379[ menpan.go.id].

Masyarakat Indonesia juga dihadapkan fakta bahwa Indonesia menjadi penghasil emisi karbon terbesar kedua, khususnya dari sektor alih fungsi lahan[ Global Carbon Project (2023)], hal ini tentunya mempengaruhi keberlangsungan hidup masyarakat dan makhluk hidup di dalamnya. 

Thomas Ng selaku Executive Director B Lab South East Asia menjelaskan bahwa dalam menjawab tantangan yang ada saat ini, dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak, salah satunya industri dengan menjalankan bisnis yang tidak hanya berorientasi pada profit.

“Namun menjalankan operasinya dengan bertanggungjawab dan berdampak positif,” ujarnya

Dia menambahkan, Sertifikasi B Corp hadir untuk mengevaluasi bagaimana praktik bisnis berjalan secara keseluruhan dan mengukur bagaimana bisnis model yang dimiliki membawa dampak terhadap lingkungan dan masyarakat, seperti yang dilakukan oleh Danone Indonesia.

“Kami juga melihat secara jelas bahwa Danone Indonesia memegang teguh dalam menggunakan kekuatan bisnis untuk kebaikan. Terbukti dari audit skor yg meningkat setiap tahunnya dan bagaimana kategori bisnis lainnya yakni Specialized Nutrition bergabung dalam perusahaan yang telah tersertifikasi B Corp,”ujarnya

Sebagai bagian dari evaluasi untuk mendapatkan sertifikasi B Corp, B Lab selaku organisasi nirlaba yang melakukan sertifikasi memberikan penilaian pada 5 aspek, meliputi Community, Environment, Customers, Governance, dan Workers.