Dorong Pemberdayaan Ekonomi Pesisir, Pelindo Adakan Pelatihan Pemasaran di BUMMas Kampung Bahari

UMK binaan Pelindo di ajang Tokyo Gift Show 2024
Sumber :

Jakarta PT Pelindo menyelenggarakan pelatihan pemasaran bagi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) di Kampung Bahari sebagai upaya memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir dan meningkatkan kesejahteraan komunitas. Kegiatan ini bertujuan memperkuat sektor UMKM dan menciptakan masyarakat yang mandiri secara ekonomi di kawasan pesisir.

Pelindo Raih Tiga Penghargaan di CSR Awards 2024

"Ini komitmen kami mendukung UMKM. Melalui serangkaian program pelatihan, kami yakin UMKM bisa lebih maju dengan peningkatan keterampilan," ujar Ardhy Wahyu Basuki, Group Head Sekretariat PT Pelindo.

Pelatihan ini dirancang untuk memperkaya wawasan dan keterampilan masyarakat dalam memasarkan produk secara lebih efektif, sehingga mereka dapat bersaing di pasar yang lebih luas. Program ini mengajarkan materi pengembangan brand dan identitas produk, pemahaman tentang segmentasi pasar, strategi pemasaran digital, serta pengelolaan hubungan pelanggan.

Dukung Kemandirian Tuna Netra, Pelindo Solusi Logistik Luncurkan Program PIJAR

Melalui kolaborasi ini, PT Pelindo berharap dapat mengoptimalkan potensi lokal Kampung Bahari yang berada di ring 1 Pelabuhan, sehingga tercipta komunitas yang mandiri secara ekonomi. 

“Untuk keberlanjutan program, Pelindo bersama sejumlah mitra akan melakukan monitoring terhadap perkembangan usaha peserta pelatihan, memberikan dukungan tambahan berupa modal usaha kecil, serta membantu mereka memanfaatkan platform pemasaran digital yang telah dipelajari,” jelasnya.

Lestarikan Lingkungan, Pelindo Gelar Program Rehabilitasi Mangrove 2024

Ardhy berharap, Kampung Bahari bisa menjadi contoh bagi daerah pesisir lainnya dalam mengembangkan produk lokal dengan dukungan pemasaran yang baik. Dalam jangka panjang, program ini diharapkan dapat menciptakan masyarakat yang tidak hanya mandiri secara ekonomi, tetapi juga mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Departemen Head Program TJSL Pelindo, Febrianto Zenny menambahkan, pelatihan pemasaran bagi Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas) di Kampung Bahari hanyalah salah satu contoh aktivitas perusahaan dalam memperkuat perekonomian masyarakat pesisir, terutama yang berada di sekitar pelabuhan. 

“Melalui serangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Pelindo berkomitmen mendukung pemerintah mempercepat pencapaian target pembangunan berkelanjutan (SDG's), khususnya dalam mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi komunitas lokal,” kata Febrianto.