Tinjau Pembuatan dan Pemasangan Rumpon, Lantamal IX Kunjungi Nelayan di Seram

Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Laut (PM) Khoirul Fu'ad
Sumber :

Jakarta – TNI Angkatan Laut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Suwandi, diwakili Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Laut (PM) Khoirul Fu'ad dan rombongan mengunjungi para nelayan di Dusun Pohon Batu, Desa Wakal, Kec, Leihitu Seram Bagian Barat, Jumat 26 Oktober 2024.

Sri Suwanto Sesalkan Terjadinya Peristiwa Nelayan Terjebak Ombak di Sukabumi

Dalam kesempatan itu, Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Laut (PM) Khoirul Fu'ad didampingi Asintel Danlantamal IX Kolonel Laut (P) Jeffri Irwandi, Danpomal IX Letkol Laut (PM) Marcus Jabarmase dan rombongan. Mereka mengunjungi Nelayan di Dusun Pohon Batu dalam rangka meninjau pembuatan dan pemasangan rumpon, sekaligus meninjau lokasi pengepulan dan penyimpanan hasil laut, pengolahan ikan teri dan ubur-ubur.

Diketahui, Rumpon adalah alat bantu penangkapan ikan yang ditempatkan di laut untuk menarik ikan dengan menyediakan habitat buatan. Fungsinya adalah mengumpulkan ikan di sekitar lokasi tertentu, sehingga memudahkan penangkapan.

6 Negara dengan Angkatan Laut Paling Kuat di Dunia, Posisi Indonesia Bikin Bangga

Rumpon dapat dipasang di berbagai kedalaman laut dan umumnya dipakai oleh nelayan lokal maupun komersial untuk meningkatkan hasil tangkapan. Namun, pemasangannya diatur secara ketat untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut dan mencegah konflik penggunaan ruang laut

Peninjauan lokasi pengepulan ikan oleh Lantamal IX merupakan bagian dari program TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dan mendukung pengelolaan sumber daya kelautan secara berkelanjutan. 

Kirim Foto Editan Pendidikan Bintara, Iwan Tewas Dibunuh Oknum TNI AL Setahun Lalu

“Kegiatan ini melibatkan koordinasi dengan berbagai instansi terkait, seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk memastikan rantai pasok perikanan berjalan efisien dan sesuai regulasi,” kata Aspotmar Danlantamal IX Kolonel Laut (PM) Khoirul Fu'ad dalam keterangannya, dikutip Sabtu, 27 Oktober 2024.

Lantamal IX menyerahkan material yang diserahkan kepada nelayan setempat berupa 144 gulung tali tampar untuk rumpon, 1 unit freezer, dan 1 unit ruang pendingin. Jenis ikan tangkapan untuk budidaya adalah ikan Tuna dan ikan Baubara. 

Halaman Selanjutnya
img_title