4 Alasan Menkes Budi Sadikin Ingin Impor Dokter Asing Praktek di RI

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Kemenkes

Cerita Kita – Polemik mendatangkan dokter asing atau impor dokter dari negara lain menuai polemik. Wacana yang dihembuskan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin itu mendapat penolakan dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Budi Santoso atau Prof Bus.

Detik-detik Dokter Dwi Fatimah Yen Tewas Kecelakaan Akibat Diteriaki Maling

Gara-gara sikap lantangnya menolak wacana dokter asing itu, Prof Bus diberhentikan dari jabatannya. Prof Bus dalam pernyataannya lantang menolak rencana tersebut karena meyakini 92 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia mampu melahirkan dokter-dokter berkualitas. Bahkan tidak kalah dengan dokter asing. 

Lalu apa sebenarnya alasan Menteri Kesehatan Budi Sadikin yang berencana mendatangkan dokter asing ke Tanah Air. Ia mengatakan wacana itu sudah dibahas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Berikut 4 alasan dibalik wacana impor dokter: 

Terindikasi Skandal Impor Beras, Menperin Minta Data Isi 26.000 Kontainer yang Tertahan di Pelabuhan

1. Belasan Ribu Bayi Berisiko Kelainan Jantung Bawaan 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut misi utama pemerintah mendatangkan dokter asing adalah untuk menyelamatkan sekitar 12 ribu nyawa bayi per tahun yang berisiko meninggal akibat kelainan jantung bawaan. 

Survei Pilkada Bupati Demak 2024, Teguh Sapto Utomo Raih Elektabilitas Tertinggi

"Itu karena pada saat sekarang kita punya lebih 12 ribu bayi yang punya kelainan jantung bawaan," kata Budi Gunadi Sadikin usai menghadiri rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan mengatur persyaratan dan batasan bagi tenaga medis dan tenaga kesehatan warga negara asing (WNA) yang ingin berpraktik di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title