Keutamaan Puasa Tasua, Asyura, dan Amalan yang Bisa Dilakukan Pada Bulan Muharram

Amalan di bulan Muharram
Sumber :
  • Pexels/mohammad ramezani

Cerita Kita – Cerita Kita – Tahun baru Islam dalam kalender Hijriah diawali oleh bulan Muharram, dimana bulan ini menjadi salah satu bulan yang bermakna bagi umat Islam di seluruh dunia.

Drama Korea The Uncanny Counter Season 2 Segera Tayang, Bagaimana Perjalanan So Mun berlanjut?

Biasanya pada hari ke 9 dan 10 bulan Muharram ada amalan untuk berpuasa sunnah Tasua dan Asyura yang bisa dikerjakan. Lalu apa saja keutamaan puasa sunnah ini?

Cerita kita merangkum dari berbagai sumber, puasa di bulan Muharram atau Tasua dan Asyura merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan. Sebagaimana dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadistnya,

5 Deretan Selebriti Ini Ikut Tren Ala Barbie di Dunia Nyata

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR Muslim).

Selain itu, puasa sunnah Tasua dan Asyura pada bulan Muharram mempunyai keutamaan yang baik. Karena Muharram termasuk dalam bulan mulia atau Asyhurul Hurum, yang diketahui menjadi salah satu bulan mulia selain Rajab, Dzulhijjah, dan Dzulqa'dah.

Jangan Sampai Iritasi, Begini Cara Pakai Retinol yang Tepat

Dalam satu hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra, Rasulullah SAW mengatakan bahwa keistimewaan berpuasa di bulan Muharram baik Tasua maupun Asyura mempunyai pahala puasa yang setara dengan 30 hari.

Sementara khusus puasa sunnah Asyura yang bertepatan pada 10 Muhrram dikatakan akan menjadi pelebur dosa selama satu tahun yang telah lalu. 

Halaman Selanjutnya
img_title